Sharing Bersama Mas Najib Dan Mas Rival | Training Cisco Day 1


Asalamualaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan
Kali ini saya akan sharing tentang pengalaman saya hari ini yaitu sharing bersama mas Najib dan mas Rival.
1. Latar Belakang
BLC Telkom Klaten mengadakan acara Sertifikasi Cisco NETESS. Mas Najib dan Mas Rival di luncurkan ke BLC Telkom Klaten supaya bisa menjadi instruktor pada sertifikasi NETESS tersebut.
2. Tujuan
Agar kita tahu apa pentingnya sertifikasi dan sertifikat. Karena sertifikat adalah kunci supaya kita bisa mendapatkan pekerjaan.
3. Alat
Kertas dan pena
4. Waktu
08.35 - 16.00
B. Isi
1. Pembahasan


BLC Telkom Klaten mengadakan acara Sertifikasi Cisco NETESS. Kami di bimbing oleh trainer dari Jakarta yaitu Mas Nadjib dan Mas Rival yang mewakili Best-Path. Mereka memperkenalkan dirinya masing masing dan setelah itu kami meminta mereka menceritakan susah, senang, suka, duka mereka di Best-Path. Setelah bercerita, mereka mengatakan "Tak kenal, maka tak sayang", mereka meminta kami semua untuk berkenalan satu per-satu mulai dari nama, asal sekolah, cita cita yang ingin di capai, jika sudah lulus SMK ingin kuliah atau langsung kerja.



Setelah perkenalan, mereka memberi kami 5 pertanyaan harus kita jawab dengan jujur dan dari dalam diri kami sendiri. Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang biasanya diberikan pada saat seseorang ingin melamar pekerjaan.
Pertanyaan tersebut antara lain:
1. Bisakah Anda menceritakan tentang diri Anda?
2. Kenapa perusahaan saya harus memperkerjakan Anda?
3. Apa yang menjadi kelebihan Anda?
4. Apa yang menjadi kelemahan Anda?
5. Bersediakah Anda untuk lebih mendahulukan kepentingan perusahaan diatas kepentingan pribadi Anda?


Kami di sarankan agar menjawab pertanyaan tersebut dengan menurut pemikiran sendiri, tidak boleh melihat jawaban orang lain, karena pertanyaan itu menguji seberapa siapnya kami dalam mengahadapi dunia kerja. Setiap orang memiliki jawaban masing masing dan tidak banyak juga yang benar jawabannya. Dari jawaban kami itu Mas Najib dan Mas Rival membenarkan jawaban kami.
Pertanyaan Pertama :
Kita bisa menceritakan hal hal yang bisa menarik perhatian perusahaan itu, seperti apa saja prestasi anda, pencapaian anda dalam bidang tertentu, atau bisa juga sertifikasi anda. Pokoknya yang membuat perusahaan itu tertarik untuk merekrut anda.
Pertanyaan Ke-dua :
Kita bisa menjawab pertanyaan ini dengan menceritakan kelebihan yang kita bisa. Misal anda menguasai 5 bahasa pemrograman, pandai berbahasa asing, tepat waktu atau yang lainnya.
Pertanyaan Ke-tiga :
Kita perjelas jawaban pertama dan kedua. Misal sudah memliki sertifikat, bisa berbahasa asing, menguasai 5 bahasa pemrograman.
Pertanyaan Ke-empat :
Kita bisa menceritakan kelemahan kita yang sebenarnya dari segi kelakuan perilaku mental ataupun fisik.
Pertanyaan Ke-lima :
Jika pertanyaan seperti ini menurut bagaimana prinsip hidup yang kita pegang. Tidak semua perusahaan yang menyukai orang yang memegang prinsipnya, ada juga perusahaan yang suka mementingkan perusahaan-nya tanpa mengerti bagaimana keadaan kita. Setiap perusahaan memiliki prinsip yang berbeda-beda.

Semua pertanyaan tersebut memberikan kami motifasi dan pelajaran. Dengan kami mengerti itu semua, kami bisa mempersiapkan jika saat yang akan datang kami melamar pekerjaan.

2. Kesimpulan
Kita jadi bisa mengerti bagaimana susah senangnya di best-path dan kita juga mengerti apa saja yang ditanyakan pada wawancara melamar pekerjaan dan juga kita juga mendapatkan banyak motifasi untuk berusaha agar berhasil saat bekerja.
C. Penutup
Saya kira cukup sekian untuk kali ini bila ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Wasalamualaikum Wr. Wb.

D. Referensi
-

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Folowers

Popular Posts

Recent Posts

Pages