Konfigurasi Yang Harus Dilakukan Sebelum Konfigurasi Cisco Via Console

Asalamualaikum Wr. Wb.

A.Pendahuluan
Pada blog saya kali ini saya akan berbagi TUTORIALKONFIGURASI YANG HARIS DILAKUKAN SEBELUM MENGAKSES CISCO VIA CONSOLE MENGGUNAKAN MINICOM .

B. Latar Belakang
    Jika menggunakan packettrace kalian mudah untuk mengkonfigurasinya namun pas mau konfigurasi cisco secara real device bingung mau konfingnya gimana.

C. Tujuan
    Berbagi tutorial ini,karena saya sudah mengalami kebingungan dan agar kalian gak binggung mangaknnya saya buat tutorial ini.

D. Penbahasan
    Kita buka terminal linux, kemudian kita install minicom,(windows menggunakan Putty), untuk menginstall minicom bisa gunakan perintah di bawah ini.
# apt-get install minicom 
Kemudian setelah terinstall kita ketikan perintah
# sudo minicom

    Setelah kita masukan perintah diatas tampilannya akan seperti gambar dibawah ini, jika suda sperti itu kita klik shorcut (Ctrl + A) setelah itu Klik Z. Perlu anda diketahui kita melakukan seperti ini untuk mengsetting minicom agar Cisco ios bisa terdeteksi oleh linux kita.


-> Kemudian jika sudah ada tampillan seperti gambar dibawah ini, kita klik huruf “O” untuk mengconfig minicomnya.


->Kemudian pada bagian Seperti di bawah ini kita pilih “Serial port setup” kemudian enter.


-> Lalu pada bagian yang telah diberi tanda kotak merah kita ganti. pertama pada bagian 
E - Bps/Par/Bits :115200 8N1 “ Kita ubah tergantung dari version Dari Cisco IOS nya bisa kita cocokan semua, untuk uji coba pertama kita pakai yang 9600.Untuk mengaturnya bisa ketikan huruf sesuai yang ada pada bagian depan misalkan “E - Bps/Par/Bits :115200 8N1 “ berarti kita ketikan “E”. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar.


->Untuk mengubah-ubah Currentnya bisa gunakan gunakan keboard jika 9600 8N1 ,seperti gambar di bawah ini,jika sudah klik enter untuk exit.


->Hasilnya seperti pada gambar dibawah, jadi yang perlu diubah ada 3 :
1) Serial device
2) Bits
3) Hardware Flow control
Kemudian <enter>


->Jika sudah semua langsung saja save configurasi dengan memilih Save setup as <enter> Kemudian <exit>.



->Jika configurasi berhasil tampilannya akan langsung masuk ke Cisco IOSnya seperti pada gambar di bawah ini.


->Coba kalian masuk ke ketikkan enable dan conf terminal.



E.Penutup
    Sekian blog dari saya mudah-mudahan dapat membantu anda dalam belajar.Jika ada keslalahan kata dan tutorial saya minta maaf dan pada allah saya mohon ampun,saya akhiri

WASSALAMUALAIKUM WR.WB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Folowers

Popular Posts

Recent Posts

Pages