Apa itu VTP dan Bagaimana Konfigurasinya | Training Cisco Day 7

ASSALAMUALAIKUM WR.WB

A.PENDAHULUAN
Pada blog saya kali ini saya akan sedikit bercerita tentang HARI KETUJUH TRAINING CISCO.
B.LATAR BELAKANG
    Demi mendapatkan pengetahuan/ilmu dan juga sertifikasi CCNA saya mengikuti Training ini.
C.TUJUAN
    Berbagi cerita dan pengetahuan kepata teman-teman agar tahu trainingnya tu kayak mana dan materinya seperti apa.

D.PEMBAHASAN



     Pada Training kedua ini kamu sudah memasuki sesi materi yang diajarkan oleh para trainer.Materinya adalah BAB 1 pada ebook CCNA.
Jadi guys materi yang di ajakan itu dari ebook ccna,pada materi hari ketujuh saya menagkap beberapa poin dari yang trainer ajarkan, diantaranya adalah :
1.Sebelum ke configurasinya saya akan sedikit mengulas tentang VTP.
    Vtp adalah protocol untuk menyebarkan vlan keseluruh jaringan local dengan otomatis.
VTP di bagi menjadi 3 Mode,yaitu :
1.Mode Server,adalah mode yang di gunakan sebagai penyedia VTP dan menybarkanya ke client.
2.Mode Client adalah mode yang menerima VTP dri switch mode server.
3.Mode Transparent adalah mode yang di gunakan jika switch tersebut tidak ingin menerima VTP dari Switch mode server.
2.Configurasi VTP (Virtual Trunking Protocol)
-Pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat topolog seperti di bawah ini :
-Kemudian Kita muali dari Switch 1 untuk mode server dan langsung saja masuk ke CLI nya,seperti gambar di bawah ini :
-Kalau sudah selesai langsung ke Switch 2 Untuk mode trnasparent,konfigurasinya seperti gambar dibawah ini :
-Selanjutnya kita ke switch 3 untuk mode client,supaya nanti bisa menerima switch 1.
-Setelah itu kita cek masing masing Switch.
dengan perintah "Show vlan Brief".

E.PENUTUP
    Sekian dari blog saya mudah-mudahan menambah wawasan dan pengetahuan anda.Jika ada kesalahan kata atau penulisan saya minta maaf kepada anda dan pada allah saya minta ampun,saya akhiri

WASSALAMUALAIKUM WR.WB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Folowers

Popular Posts

Recent Posts

Pages