Konfigurasi SSH pada Switch dan Router | Training Cisco Day 3

Assalamualaikum Wr.Wb.

A. PENDAHULUAN

    Hai sobat,masih dengan dirimu yang dulu atau kah sudah selangkah lebih maju?Ayo bangkit dan maju kawan,karena ini untuk masa depanmu.Untuk hari ini saya akan menceritakan kegiatan yang saya lakukan pada hari ini.Untuk hari ini saya dan teman-temanmenerima materi dari Trainer tentang melakukan konfigurasi SSH pada Switch dan Router.

B. LATAR BELAKANG

      Konfigurasi telnet masih belum terjamin untuk keamanannya,sehingga kami mempelajari ssh untuk menjamin akses remote yang terjamin keamanannya.

C. TUJUAN

     Supaya paham dan mampu melakukan konfigurasi SSH pada Switch dan Router.
D. PEMBAHASAN

   Untuk melakukan konfigurasi SSH pada Switch dan Router,saya menggunakan topologi seperti pada gambar di bawah ini



Langkah-langkah dalam melakukan konfigurasi tersebut antara lain:

1. Buatlah topologi dengan komponen 1 router,1 switch.dan 1 PC seperti pada postingan sebelumnya yang membahas konfigurasi telnet.

2. Melakukan Basic Configuration dengan membuat hostname,username,password atau secret,banner,memberi IP pada interface kemudian mengaktifkannya dengan perintah shutdown.IP yang saya gunakan pada Giga0/0 adalah 192.168.10.1 dengan subnet mask 255.255.255.0.


3.Kemudian kita lakukan konfigurasi SSH pada Router seperti pada gambar di bawah ini.



4. Setelah melakukan konfigurasi pada Router kita lakukan langkah 1 pada Switch.Untuk interface VLAN saya gunakan IP Address 192.168.20.1 dengan subnet mask 255.255.255.0.


5. Kita lakukan konfigurasi SSH pada Switch seperti pada gambar di bawah ini.



6. Isikan IP pada PC yaitu 192.168.10.10 dengan subnet mask 255.255.255.0.



7. Untuk mengecek apakah konfigurasi yang kita lakukan sudah benar kita lakukan ping pada Command Prompt.Kemudian ketik perintah "ssh -l ssh xxxxxx (ip yang dituju)".



8. Apabila sudah terhubung dan keluar perintah untuk memasukkan password maka konfigurasi yang kita lakukan sudah benar.

  
   
E. KESIMPULAN

   Kesimpulan dari postingan ini adalah konfigurasi SSH ternyata lebih aman dibandingkan dengan Telnet karena pada SSH password yang kita masukkan akan dienkripsi.
     
F. REFERENSI

       

G. PENUTUP

   Sekian sedikit pemaparan saya untuk hari ini,semoga apa yang saya paparkan bisa bermanfaat bagi kalian semua,mohon kritik dan sarannya,jangan lupa koment yaa...sampai jumpa di postingan saya yang selanjutnya.Terimakasih. 



Wassalamualaikum Wr.Wb.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Folowers

Popular Posts

Recent Posts

Pages