Membuat Topologi Beserta Dengan Konfigurasinya | Training Cisco Day 6

Assalamualaikum Wr.Wb.

A. PENDAHULUAN

    Hai sobat,masih dengan dirimu yang dulu atau kah sudah selangkah lebih maju?Ayo bangkit dan maju kawan,karena ini untuk masa depanmu.Untuk hari ini saya akan menceritakan kegiatan yang saya lakukan pada hari ini.Untuk hari ini saya dan teman-teman masih dengan aktivitas yang sama yaitu training cisco.Untuk hari ini kami disuruh oleh kakak-kakak trainer untuk membuat sebuah topologi dengan konfigurasinya.Untuk lebih jelasnya tetap simak postingan ini yaa..

B. LATAR BELAKANG

      Dalam sebuah perusahaan pada zaman sekarang sudah berbasis IT.Yaitu segala sistem pengiriman datanya dilakukan dengan media koneksi internet,sehingga di dalamnya harus ada konsep dasar jaringan dengan sebuah topologi yang dirancang oleh administrator jaringan dari sebuah perusahaan tersebut.Maka dari itu disini kami diajari untuk membuat konsep dasar jaringan itu seperti apa.
C. TUJUAN

  Supaya lebih mengetahui dan paham cara membuat topologi beserta konfigurasinya.

D. PEMBAHASAN

  Topologi yang akan saya buat adalah seperti pada gambar di bawah ini

   Konsep yang saya ambil dari topologi di atas adalah sebuah topologi yang dapat diimplementasikan pada sebuah perusahaan yang memiliki 4 ruangan/lantai.Dimana dalam setiap ruangan tersebut terdapat tiga bagian yaitu HRD,KEUANGAN,dan IT.Bahan yang dibutuhkan adalah 1 router,5 switch,dan 30 PC/Laptop.Dalam setiap ruangan tersebut saya membuat 3 vlan sesuai dengan jumlah tiga bagian tadi.Ketiga bagian tersebut tidak dapat saling berkomunikasi supaya tidak ada pencurian data,misal dari IT mencuri data di bagian KEUANGAN.Namun,antara bagian 1 di ruang 1 dapat berkomunikasi dengan ruangan lain,misal bagian IT ruang 1 dapat berkomunikasi dengan IT di bagian 2,3,dan 4.Untuk di router saya memasang konfigurasi ssh supaya nanti bisa diremote dari PC.
Langkah-langkah konfigurasinya antara lain:
1. Buat dan susunlah perangkat-perangkat yaitu 1 router,5 switch,dan 30 PC.Susun seperti pada gambar topologi di atas.
2. Lakukan basic configuration dan ssh pada router,cara konfigurasi tersebut sudah di bahas pada postingan yang sebelumnya.
3. Aktifkan interface router dengan cara seperti pada gambar di bawah ini.


4. Pada switch juga dilakukan pengaktifan interface,perintahnya sama seperti pada gambar di atas namun penulisan interfacenya berbeda-beda pada setiap perangkat.
5. Untuk 5 switch yang telah disusun,untuk switch yang berada paling atas adalah switch server yakni switch yang menghubungkan beberapa switch yang lain untuk dihubungkan ke router.Di setiap switch kita buat 3 vlan untuk 3 bagian tadi yaitu HRD(vlan 10),KEUANGAN(vlan 20),dan IT(vlan 30).


6. Setelah itu,kita masuk ke setiap interface yang terhubung ke masing-masing vlan kemudian isikan ip address yang diinginkan,dengan cara “int vlan x”.Lakukan perintah tersebut pada setiap interface vlan yang terdapat di keempat switch tersebut.

7. Kemudian masuk ke interface pada switch yang terhubung dengan perangkat lain seperti PC,Switch,dan Router.Dengan cara melakukan perintah “int fa x/x” kemudian pasang mode access dengan perintah “switchport mode access vlan x”.Lakukan perintah tersebut pada setiap interface yang terdapat di keempat switch tersebut.
8. Supaya ketiga vlan ini dapat dibawa sekaligus dalam satu kabel dan bisa berkomunikasi dengan vlan yang lain maka saya menggunakan mode trunk.Dengan perintah “int fa x/x” yakni interface yang terhubung pada switch server.Kemudian ketik perintah “switchport mode trunk” lalu “switchport trunk allowed vlan 10,20,30”.Lakukan perintah tersebut pada setiap interface yang terdapat di keempat switch tersebut.


9. Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada switch server yakni switch yang berada paling atas.Dengan memasang mode server dengan vtp,perintahnya yaitu “int fa x/x” lalu ke perintah “vtp mode server”.

10. Untuk memudahkan kita dalam memberikan IP pada setiap PC kita gunakan konfigurasi DHCP SERVER pada Router.Untuk konfigurasi dhcp server sudah dibahas pada postingan sebelumnya,pastinya sudah paham kan.
11. Untuk mengecek apakah konfigurasi yang kita lakukan sudah benar dan bisa berkomunikasi satu sama lain dengan prosedure yang kita inginkan,kita lakukan test ping pada setiap PC.Perintahnya adalah “ping 192.168.10.1” (IP sesuai dengan perangkat yang akan di ping).Apabila responnya sudah seperti pada gambar di bawah ini maka sudah saling terhubung.



Nah,konfigurasi yang kita lakukan sudah selesai dan saling terhubung satu sama lain sesuai dengan prosedure yang kita inginkan.

E. KESIMPULAN

   Sebelum masuk ke konfigurasi dasar Mikrotik,kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu Mikrotik,fungsi dan tujuannya,kemudian dasar-dasarnya.Supaya pada saat konfigurasi dasar tidak ada kesulitan
     
F. REFERENSI

    

G. PENUTUP

   Oke kawan,itulah sedikit ulasan dari saya tentang merancang topologi beserta melakukan konfigurasi di dalamnya supaya bisa saling terhubung.Mohon kritik dan sarannya.Semoga bermanfaat bagi kalian semua.Sampai jumpa di postingan saya yang berikutnya.Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Folowers

Popular Posts

Recent Posts

Pages