Hari KeTiga di Blc Telkom Klaten



Asalamualaikum Wr. Wb.


Kali ini saya akan membagikan cara mengganti OS.
 Hari ini saya melakukan instal OS dari Linux UBUNTU ke Linux Mint.
Dikarenakan saya agak susah memahami tata letak OS UBUNTU dan saya melihat laptop temen yang sistem operasinya Linux Mint itu model tata letaknya mirip dengan sistem operasi Windows. (maklum... Masih ke Inget pake sitem operasi Windows...)




  1. Pertama tama kita harus mempunyai bootable Linux Mint terlebih dahulu.  Cara mendapatkan bootable bisa minta dari temen atau membuatnya sendiri dengan file ISO. Cara membuat bootable di linux yaitu dengan Unetbotin.
  2. Masuk ke Menu BIOS dengan cara tekan f2 & delete secara bersamaan. Ketika sudah masuk, setting boot priority #1 jadi USB/Flashdisk. Klik F10
  3. Setelah proses booting akan muncul tampilan desktop Linux Mint
  4. Klik Install Linux Mint
  5. Ikuti langkah langkahnya
  6. Pilih sometihing else
  7. Buat partisinya dan jika sudah klik next
  8. Kemudian isi namauser, nama komputer, password kaemudian klik next
  9. Tunggu proses instalasi
  10. Jika sudah selesai akam muncul pilihan Restart now dan lanjutkan coba, klik restart now
  11. Tunggu sampai keluar tulisan Remove the bootable flashdisk /cd and click enter"
  12. Cabut Flashdisk kemudian klik tombol Enter
Selesai

Setela itu saya mulai mencoba coba Sistem operasi linux mint dan ternyata memang mirip dengan tampilan windows.

Saya kira itu hal yang saya lakukan pada hari ini
Sekian Dan Terima Kasih


Wasalamualaikum Wr. Wb.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Folowers

Popular Posts

Recent Posts

Pages